Ciri-Ciri dan Unsur-Unsur Organisasi





Organisasi pasti bukan merupakan hal yang asing bagi kita, entah itu Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) ataupun Badan Eksekutif Mahasiswa atau yang biasa disingkat dengan BEM atau organisai yang memiliki struktur yang rumit seperti organisasi di pemerintahan .Organisasi sendiri dapat diartikan sebagai sekumpulan orang yang membentuk kelompok serta melakukan berbagai kegiatan dan memiliki suatu tujuan yang jelas.

Adapun beberapa pengertian Organisasi Menurut para ahli :
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama .
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

 Ciri - ciri yang dapat dilihat dari sebuah organisasi :
- Memiliki tujuan yang ingin dicapai
- Memiliki aturan-aturan yang tidak boleh dilanggar oleh anggotanya
- Setiap anggota memiliki peran masing-masing (ketua organisasi yang bertugas memimpin/ mengkoordinasi)
- Adanya kerjasama antar anggota kelompok
- Memiliki struktur organisasi ( ketua, wakil ketua, dll ) 


Hal-hal yang mendukung agar suatu organisasi dapat dijalankan :
  1. Orang-orang
  2. Kerjasama
  3. Tujuan Bersama
  4. Peralatan
  5. Lingkungan
  •  Orang-orang : orang-orang disini dapat diartikan sebagai anggota organisasi.Setiap organisasi tentu harus memiliki anggota. Setiap anggota akan terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh organisasi tersebut.
  • Kerjasama (Team Work) :setiap anggota harus saling membantu satu sama lain agar tujuan tersebut cepat tercapai. Oleh karena itu setiap organisasi memiliki struktur seperti ketua, wakil ketua,dll agar tidak terjadi tumpang tindih dalam melakuan tugasnya.
  • Tujuan Bersama : Setiap anggota harus memiliki tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat dijalankan sesuai dengan tujuan bersama
  • Peralatan: segala yang dapat mendukung berjalannya organisasi
  • Lingkungan : tempat yang dijadikan tempat organisasi tersebut ataupun tempat dimana organisasi tersebut menjalankan tujuan-tujuannya





Sumber :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
  • http://ruslanberbagi.blogspot.com/2012/11/ciri-ciri-organisasi.html